marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




Call For Paper "KNiST" 2017 (Afiliasi Jurnal Akreditasi dan DOAJ)
Kamis, 2017-03-02

Yth, Dosen BSI dan Nusa Mandiri Dalam rangka meningkatkan kualitas Dosen dalam melaksanakan penelitian dan publikasinya, PPPM BSI Bandung bekerjasama dengan 24 Perguruan Tinggi BSI dan Nusa Mandiri, melaksanakan "Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) 2017"....
Selengkapnya>>

RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

Pengabdian Masyarakat AMIK BSI Jakarta di SMP Islamic Center Tangerang

Selasa, 2016-10-04

Basis data saat ini telah menjadi sangat penting untuk dapat digunakan sebagai pangkalan data yang dapat memudahkan sebuah organisasi untuk mengakses dan memanipulasi data untuk keperluan pelaporan data. Dengan database proses manipulasi data menjadi lebih cepat dari pada harus memilah-milah berkas yang bertumpuk pada lemari penyimpanan berkas. Dalam perkembangannya database menjadi bagian yang sangat menentukan untuk penyimpanan maupun manipulasi data karena kecepatan prosesnya. Dengan dasar itulah, kami sebagai dosen juga mempunyai peranan untuk memajukan masyarakat secara umum dalam memahami penyimpanan database.

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Manajemen dan Informatika Komputer Bina Sarana Infromatika Jakarta, dosen AMIK BSI Jakarta telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk guru-guru di SMP Islamic Center Jl. Ciujung Raya No. 3 Karawaci, Perumnas 1 Tangerang dengan materi Database Mysql sebagai Media Penyimpanan yang Handal.

Sebelum acara Pengabdian Masyarakat dimulai, tim tutor diterima oleh Bapak Dadi Suryadih, S.Kom selaku kepala sekolah SMP Islamic Center yang menjelaskan bahwa guru-guru di SMP Islamic Center sangat membutuhkan ilmu-ilmu dibidang komputer untuk menunjang kegiatan belajar mengajar disekolahnya. Kepala sekolah juga memberikan pesan agar kegiatan semacam ini juga dapat dilakukan secara berkesinambungan disemester-semester berikutnya.

Selama acara pengabdian masyarakat yang berlangsung pada tanggal 24 dan 1 Oktober 2016, guru-guru yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias untuk menerima ilmu yang menurut mereka sangat bermanfaat untuk dapat diaplikasikan dalam kegiatan penyimpanan data-data bagi perpustakaan sekolah sehingga bisa menunjang kegiatan peminjaman buku oleh siswa. 

 

 

Kembali...

Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Bagi Ketua/Anggota LPPM PTS, TIM SPI dan Tenaga Administrasi Di Lingkungan Kopertis Wilayah IV

Jumat, 2016-10-14

Acara diselenggarakan selama 3 hari yang bertempat di Hotel Harris Bandung mulai dari tanggal 4 s/d 6 Oktober 2016. Kegiatan Bimbingan Teknis dibuka oleh ketua panitia penyelenggara  Hj. Entin Harini, S.Sos., M.Si dengan menyampaikan point-point acara kegiatan selama 3 hari dilanjutkan dengan sambutan Koordinator Kopertis wilayah IV Bapak Prof. Dr. Ir. Abdul Hakim Halim, M.Sc. dengan materi Kebijakan pengelolaan keuangan Koopertis.

Materi selanjutnya mengenai pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Dana Hibah oleh bapak Tata Sutaryo, S.Sos dari Itjen Kemristekdikti. Ulasan materi yang diampaikan mengenai bagaimana pertanggungjawaban dana hibah yang ditreima oleh masing-masing penelitai. Pendanaan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang disediakan ini bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan dari Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Kedua sumber dana bantuan Penelitian/Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan dana Negara, sehingga penggunaannya harus dapat dipertanggungjawabkan oleh Peneliti/Pelaksana Pengabdian kepada masyarakat dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku.

Materi terakhir pada hari pertama diisi dan disampaikan oleh Bapak Azhi Maulana Yusup, SE. dari Itjen Ristekdikti mengenai Prosedur Pengadaan Barang/Jasa, ulasan materi yang disampaikan tentang prosedur pengadaan barang dan jasa berdasarkan Perpres Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Perpres Nomor 4 Tahun 2015.

Pada hari ke-dua tanggal 5 Oktober 2016 kegiatan bimbingan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan penyampaian dilanjutkan oleh Bapak Sudirman, S.Sos dari KPKNL dengan materi Tata Cara Pengelolaan Barang Milik Negara. Pada acara ini disampaikan pula tentang pengertian kekayan negara, dasar hukum tentang kekayan negara, anatomy kekayaan negara, siklus pengelolaan barang milik negara sampai kepada prosedur dan prinsip penggunaan barang serta pemanfaatan barang milik negara.

Acara dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi  Tata cara penghitungan pajak yang disampaikan oleh Bapak Patu Rachman, A.Md dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Penyampaian materi meliputi kewajiban-kewajibap perpajakan yang harus ditunaikan oleh para peneliti setelah mendpatkan dana penelitian. Disampaikan pula mengenai siklus keuangan negara, mekanisme perhitungan pajak, penghasilan tidak kena pajak dan ketentuan pembebasan pemungutan dan pemotongan pajak.

Pada hari terakhir tanggal 06 Oktober 2016 materi disampaikan oleh dua pembicara yaitu Bapak Tedy Purwanto, S.E., M.M tentang mekanisme pencairan dana melalui SPAN Koordinator Perguruan Tinggi Swasta dan pembicara berikutnya Ibu Gina Indriani, S.Si tentang Proses Pencairan Dana Bantuan Pemerintah. Lingkup pembahasan pembicara pertama meliputi mekanisme dan dasar hukum tentang proses pencairan dana melalui SPAN serta proses kontrak. Sedangkan materi terakhir yang disampaikan mengenai mekanispe dan tahapan pencairan dana hibah bantuan pemerintah. Disampaikan juga secara detail tentang tata cara pengajuan pencairan dana, kelengkapan dokumen, lama proses pencairan dan serta hal-hal yang yang menjadi kendala dalam pencairan dan  bantuan pemerintah.

Seluruh kegiatan bimbingan teknis pengelolaan keuangan bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh pts maupun ptn tentang bagaimana Kebijakan pengelolaan keuangan kopertis, pertanggungjawaban pengelolaan keuangan dana hibah, Prosedur pengadaan barang/jasa, Tata cara Pengelolaan barang milik negara, tata cara penghitungan pajak dan tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara.  berjalan dengan lancar dari hari pertama sampai dengan terakhir dan ditutup oleh panitia penyelenggara kegiatan pada 06 Oktober 2016 pukul 12.30 WIB. (YPA)

***

 

   

Kembali...

Seminar Nasional Ilmu Komputer 2016

Selasa, 2016-10-25

Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Komputer dengan tema “The Research Innovation on Data Mining and Green Technology”.

Kegiatan seminar dirancang sebagai wahana terjadinya interaksi profesional antar komunitas bidang ilmu komputer di Indonesia. Selain bertujuan untuk saling bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan gagasan, juga digunakan untuk mengakselerasi pengembangan penelitian pada bidang ilmu komputer.

Pelaksanaan
Hari, tanggal : Senin, 10 Oktober 2016
Waktu : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Hotel Semesta Semarang, Jl Wahid Hasyim No. 125-127, Kranggan Semarang

Keynote Speaker
• Romi Satria Wahono, M.Eng., Ph.D
Reviewer Jurnal terindeks Csopus CEO PT Brainmatics.com

• Dr. Eng. Suharyanto, S.T., M.Eng
Pakar Automation in Power System Universitas Gajah Mada


Read more at http://www.dikti.go.id/seminar-nasional-ilmu-komputer-2016-call-for-papers/#8KJ9wm0tWUFoX8Ub.99

Kembali...
top