marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017
Senin, 2017-01-16

Selamat kepada dosen Akademi BSI (Bina Sarana Informatika) dan Group yang telah lolos dalam seleksi Hibah Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ...
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

LPPM BSI Melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Makasar Jakarta Timur

Kamis, 2015-10-08

Program Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan Kampung Binaan merupakan salah satu Program Pengabdian kepada Masyarakat yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bina Sarana Informatika (LPPM BSI) pada selasa tanggal 06 Oktober 2015 bertempat di sekretariat Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) yang berada di daerah kelurahan Kp. Makasar yaitu koperasi Bina Mandiri yang beralamat di Jalan Pusdik Depnaker no.15 Rt 016/06 Kel. Makasar kec. Makasar Jakarta Timur. Peserta yang hadir sebanyak 40 orang dari Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Makasar, Ibu-Ibu Penggerak PKK, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kelurahan Makasar dan Kelurahan Pinang Ranti, serta Pengurus koperasi Bina Mandiri.

Materi pengabdian diisi oleh dosen dan instruktur Akademi-akademi Bina Sarana Informatika meliputi AMIK, ASM, ABA, AKOM serta AMK. Peserta pengabdian mendapat materi tentang karakteristik customer dan entrepreneur skill yang disampaikan oleh Ida Hendarsih dan Dede Sulaeman. Acara dimulai tepat jam 09:30 WIB dan selesai 11:30 WIB dibuka oleh kepala kelurahan makasar,  Sumadi yang menyambut positif acara yang berlangsung dan mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di kelurahan makasar serta wilayah sekitarnya.

Semoga dengan diadakan pelatihan ini dapat menambah wawasan dan berfikir kreatif bagi peserta pelatihan, sehingga materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk pembelajaran juga implementasi di kehidupan sehari-hari. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membantu terlaksana kegiatan ini  dan semua kepada dosen pengajar serta Di dukung oleh LPPM BSI dan LPPM Nusa Mandiri Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.  [LPPM BSI] 

Kembali...

AMIK dan AMK BSI Jakarta Terpilih sebagai Peserta Pelatihan Metodologi Pelatihan Dosen

Kamis, 2015-10-08

Kopertis Wilayah Tiga kembali mengundang  perguruan tinggi swasta dilingkungannya untuk  hadir dalam kegiatan pelatihan metodologi penelitian dosen. Dua perguruan tinggi dibawah naungan yayasan Bina Sarana Informatika yaitu AMIK & AMK BSI Jakarta (yang diwakili oleh Heri Kuswara dan Ratiyah) merupakan perguruan tinggi yang terpilih mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Pelatihan selama dua hari ini (5- 6 Oktober 2015) yang setiap harinya dimulai dari jam 08.00-15.00 WIB. Acara dibuka oleh Putu Pujogiri, selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah tiga, beliau menjelaskan tentang Kebijakan Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di PTS Kopertis Wilayah III.

Pelatihan dimulai dengan nara sumber Prof. Dr.  Ernawati Sinaga, MS, Apt, selaku peneliti senior dan reviewier penelitian dikti, ia memaparkan tentang  Teknik Penyusunan Proposal Penelitian Dosen   dimulai dari pentingnya  dosen melakukan penelitian, sumber dana penelitian, hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam penelitian, sistematika penyusunan proposal penelitian sampai pada Road Map Penelitian. Nara sumber kedua Wahyu Wibowo juga sebagai peneliti senior dan riviewer penelitian dikti, ia banyak menjelaskan tentang Paradigma Metodologi penelitian dari masa ke masa.  Yang perlu digarisbawahi dari apa yang ia sampaikan adalah mengenai tata bahasa yang dipakai dalam artikel ilmiah dan proposal penelitian, meskipun harus “seksi” kalimatnya agar menarik namun tetap  mengikuti kaidah-kaidah bahasa yang digariskan. Nara sumber ketiga memberi judul presentasi “Kerikil Tajam Penelitian”, adalah  Husein Umar, ia banyak menjelaskan tentang tahapan penelitian manajemen dengan paradigma positivistic dan berbasis problem solving. Ia memaparkan tentang contoh format laporan penelitian dari mulai latarbelakang masalah sampai pada kesimpulan dan saran.

Dihari kedua kegiatan pelatihan  yang diikuti oleh 50 perguruan tinggi  ini dibagi kedalam tiga kelompok, setiap kelompok dibimbing oleh satu reviewer peneliti dikti, kami dari BSI masuk kedalam kelompok satu dengan reviewer Husein Umar. Kegiatan yang diberi nama klinik proposal penelitian tersebut membahas semua proposal penelitian peserta. Setiap proposal dibahas oleh reviewer dan diberikan arahan untuk perbaikan proposal. Klinik proposal ini lebih kepada diskusi dan sharing sehingga proposal yang sedang diriviewer dapat diperbaiki untuk kemudian diajukan ke Dikti. Tepat jam 13.00 WIB acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Koordinator Kopertis tiga, yaitu Ibu Ilah Sailah, beliau banyak menyampaikan hal-hal penting dan bermanfaat tentang perguruan tinggi, dan pentingnya penelitian bagi dosen dan mahasiswa. *Heri Kuswara

Kembali...

PELATIHAN PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA MEWUJUDKAN MAHASISWA BSI YANG KREATIF DAN INOVATIF

Kamis, 2015-10-08


Bidang Penelitian LPPM BSI, kembali mengadakan sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa, dengan mengusung tema “Langkah Sukses menjadi Mahasiswa Kreatif dan Inovatif melalui PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa)” dilaksanakan pada tanggal 23 September 2015 di kampus BSI Dewi Sartika. Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa agar memiliki peran penting dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa dituntut memiliki tanggung jawab moral yang berkaitan dengan penerapan ilmu yang mereka dapatkan dikampus, untuk kehidupan bermasyarakat, begitupun peran sosial dimana keberadaan dan tingkah laku mahasiswa, tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya, dan peran intelektual dimana mahasiswa sebagai insan intelektual yang secara sadar berada suatu lingkaran ilmu pengetahuan selayaknya dapat mengimplementasikan pengetahuan dan intelektualitas yang  dimiliki agar memberikan perubahan yang lebih baik di masyarakat. oleh sebab itu salah satu cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mewujudkan peran tersebut dengan cara kegiatan Program Kreatifitas mahasiswa ini.

Kegiatan Sosialisasi PKM ini dimulai tepat jam 09.30 Wib dan dihadiri oleh perwakilan dosen dan mahasiswa yang diundang oleh LPPM  dari  berbagai Akademi-akademi BSI seperti (AMIK, ASM, ABA, AMK, AKOM), adapun acara dimulai dengan sambutan/pembukaan acara oleh Ida Zuniarti selaku supervisi LPPM, dilanjutkan dengan seminar umum/Pemaparan umum yang disampaikan oleh Kusuma Hati dimana pada kesempatan ini dijelaskan pemaparan mengenai sosialisasi program Kreativitas Mahasiswa yang mana pada kesempatan ini dijelaskan mengenai tujuan kegiatan PKM, jenis PKM yang diadakan, dan Bidang Kegiatannya, kemudian dilanjutkan pemaparan yang disampaikan oleh Rahmat Hidayat menyampaikan materi mengenai Teknik Pembuatan Proposal PKM 5 Bidang (PKMP-PKMM-PKMT-PMKC-PKMK) dan Sharing Pengalaman mahasiswa – mahasiswi yang telah mendapatkan pendanaan untuk kegiatan PKM tahun lalu. Acara diakhiri tepat jam 13.00 dengan sesi tanya jawab dan diskusi peserta.

Dengan diadakan sosialiasi ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan memahami arti penting dari kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa dalam mewujudkan dan mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan dibangku perkuliahan bagi perubahan dan kemajuan masyarakat umumnya, selain itu kedepannya diharapkan banyaknya mahasiswa yang berpartisipasi dan aktif  dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa ini. (NVK)

Kembali...

Informasi Terkini di Simlitabmas DIKTI

Jumat, 2015-10-09

Berikut Link surat edaran dari Simlitabmas:

Kembali...

Agenda Pengabdian Pada Masyarakat 28-30 Oktober 2015

Kamis, 2015-10-15

Pemanfaatan Ms. Office Word, Excel, Power Point Bagi Guru Sekelurahan Ragunan dalam Rangka Optimalisasi Pekerjaan.

 

Hari/Tanggal : Rabu, 28 Oktober 2015
Tempat  : Laboratorium Komputer Kampus BSI Warung Jati
Materi : Pemanfaatan Microsoft Excel (Pengolahan data siswa/i sekolah)

Pembicara

 

:

 

  1. Tati Mardiana, M.Kom
  2. Win Kurniadi, M.Kom
     
Hari/Tanggal   Kamis, 29 Oktober 2015
Tempat   Laboratorium Komputer Kampus BSI Warung Jati
Materi   Pemanfaatan Microsoft Excel (Mendesain Tabel dalam Excel/penggunaan template)
Pembicara  
  1. Heni Destiana, M.Kom
  2. Nining Suryani, M.Kom
     
Hari/Tanggal : Jum’at, 30 Oktober 2015
Tempat  : Laboratorium Komputer Kampus BSI Warung Jati
Materi : Pemanfaatan  Microsoft Excel (Pengenalan & Penggunaan Rumus-rumus)

Pembicara

 

:

 

  1. Sri Wasiyanti, M.Kom
  2. Dewi Ayu Nur Wulandari, M.Kom

  

Tempat Pelaksanaan  

 

 

 

Kembali...

BSI Memberikan Pelatihan MySql Bagi PT. Taspen (Persero)

Rabu, 2015-10-21

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user.  Pelatihan ini sangat penting bagi instansi dikarenakan banyak perusahaan yang sudah menggunakan database dalam penyimpanan datanya. Termasuk PT TASPEN (PERSERO).

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen di berbagai Perguruan Tinggi BSI mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki dengan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam hal ini para staff PT TASPEN (PERSERO).

Kegiatan PPM berlangsung selama beberapa hari dari tanggal 22 s.d 25 September 2015  dilakukan di kantor  PT TASPEN (PERSERO) dengan materi Pengenalan MySQL & DDL, Pengenalan DML, Pengelolaan Database pada Phpmyadmin. Diakhir pelatihan diadakan Evaluasi Materi & Latihan.

Semoga dengan adanya kegiatan yang bermanfaat ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para staff PT TASPEN (PERSERO).

Kembali...

Kepedulian Dosen BSI Untuk Kelurahan Dilingkungannya

Rabu, 2015-10-21

Komputer dewasa ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga bahasa inggris yang merupakan  media komunikasi gobal.  Atas dasar itulah Dosen BSI mempunyai kepedulian yang tinggi mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dilingkungan  kelurahannya yaitu kelurahan Jatiwaringin.  Kegiatan PPM berlangsung selama delapan hari dari tanggal 5-12 Oktober 2015 dilakukan di Kampus BSI Jatiwaringin meliputi Pembelajaran Microsoft Office Excel, Pembelajaran Microsoft Office Word, Pengenalan Bahasa Inggris.

Selama pelatihan Dosen  BSI mengalami tantangan dalam mentransfer ilmunya kepada masyarakat umum yang pesertanya kebanyakan adalah Ibu-Ibu PKK. Tantangan yang dihadapi berupa kemampuan peserta yang berbeda-beda sehingga Dosen Pengajar harus menggunakan trik agar target materi dapat terpenuhi seperti mengelompokkan peserta menurut kemampuan, dan lain-lain. Hal ini bukanlah suatu kendala yang berarti bagi para Dosen untuk tetap mengabdi kepada masyarakat dalam berbagi Ilmu.

Mudah-Mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kedua belah pihak. Baik utnuk kemajuan masyarakat dalam menambah pengetahuan dan keahlian Dosen dalam berbagi Ilmu. Semoga kegiatan PPM dimasa yang akan datang dapat lebih inspiratif dan inovatif.

Kembali...

Securing Cloud Computing from Hacking

Jumat, 2015-10-30

“Securing Cloud Computing from Hacking” – Seminar Nasional

Pembicara 1 ”Onno W. Purbo” (Pakar IT Indonesia)
Pembicara 2 “Suwandono a.k.a Suro Dhemit” (Founder Ayo Belajar Linux)
Pembicara 3 “OverClocking Indonesia”
Pembicara 4 “Kaspersky Indonesia”

Materi Seminar :
Cloud Computing
Securing Cloud Computing
Overclocking
Kaspersky

Info Lengkap disini

Kembali...

14 SOCIAL MEDIA HITS MAKERS

Jumat, 2015-10-30

Menyambut ulang tahun TRANS TV ke 14 yang akan diadakan pada 15 Desember 2015, TRANS TV mengadakan kegiatan untuk anak muda di 4 kota di Indonesia dengan konsep one day creative urban festival bersama Nivea Indonesia.

Kami mengundang 14 Wirausaha Muda, 14 Komunitas Muda serta 14 Campus Celebgram untuk menjadi bagian dari kegiatan TRANS TV Enjoy The Sun Fest with NIVEA di kota masing-masing karena kami percaya setiap kota memiliki potensi dan kreativitas anak muda yang positif dan membanggakan.

 

Info lengkap disini

Kembali...

Blog Contest

Jumat, 2015-10-30

Dies Natalies dalam rangka memperingati hari jadi ST3 Telkom Purwokerto yang ke-2 dimana puncak dari serangkaian acara akan diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2015. salah satu dari event Dies Natalies ST3 Telkom Purwokerto adalah Blog Contest untuk kalangan umum yang terbagi menjadi 2 kategori yaitu :

1. Sumpah Pemuda Di Era Digital
2. What’s Your Dream About ST3 Telkom Purwokerto

 

Info Lengkap disini

Kembali...

Gadjah Mada Business Case Competition (GMBCC)

Jumat, 2015-10-30

Gadjah Mada Business Case Competition (GMBCC) is an annual international business case competition organized by The Management’s Events Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada that has now entered its fourth year. GMBCC intended to assist the business world in a way to find solutions to the problems faced by our client. GMBCC winner has the opportunity to prove their ability in solving real business problem and winning the prize of USD 3500.

More info here or here 

Kembali...

METALLURGY AND MATERIALS WEEK 2015

Jumat, 2015-10-30

Founded in 2011, Metallurgy and Materials Week is the biggest annual event held by Ikatan Mahasiswa Metalurgi dan Material UI. Every year, we spread knowledge and provide people information concerning metallurgy and materials engineering.

More info here

Kembali...

BSI Purwokerto Melatih Pejabat Desa Mengoperasikan Microsoft Excel

Jum'at, 2015-10-30

Setelah sebelumnya AMIK BSI Purwokerto mengadakan Pelatihan Corel Draw di Panti Asuhan Darul Hadlonah untuk anak-anak panti, kali ini Kampus yang memiliki slogan "Kuliah..? BSI Aja!!" ini mengadakan pengabdian masyarakat kembali. Pengabdian masyarakat yang dilakukan tanggal 10 februari 2015 kemarin bertempat di desa parungkamal kecamatan lumbir, kabupaten banyumas. Pengabdian yang berupa pelatihan microsoft excel ini ditujukan kepada para peserta pelatihan yang adalam hal ini merupakan pejabat-pejabat desa parungkamal.

 

Bapak Fuad Zulkarnain, M.Kom bertindak sebagai tutor dalam pelatihan ini. Beliau memperkenalkan microsoft excel kepara para peserta pelatihan secara dasar karena umumnya dari mereka sudah tidak muda lagi usianya. Materi-materi yang diberikan merupakan materi yang sangat dasar, mulai dari pengenalan tools, penyimpanan data, pembuatan sheet baru, hingga rumus-rumus yang sering digunakan dalam pengolahan data. Di akhir kegitaan, Bapak Fuad melakukan semacam evaluasi kepada para peserta pelatihan. Evaluasi tersebut berupa soal-soal yang harus dikerjakan dan dipraktekkan langsung oleh para peserta. Dan hasilnya pun memuaskan, para peserta hampir semuanya dapat mengerjakan soal-soal dengan benar.

 

Pelatihan ini merupakan permintaan dari Sang Kepala Desa yang meminta supaya pejabat-pejabat desanya dapat mengoperasikan microsoft excel dengan baik untuk mewujudkan desa yang 'melek' teknologi. Seperti kita ketahui, sekarang ini hampir beberapa desa di Indonesia sudah memiliki website yang berdomain .desa.id salah satunya Desa Parungkamal, yang memiliki alamat website di parungkamal.desa.id. (FBF)

Kembali...

BSI PURWOKERTO MENGABDI DESA

Rabu, 2015-10-28

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) AMIK BSI Purwokerto pada awal bulan maret ini diselenggarakan di Balai Desa KarangKemojing, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. PM kali ini berbentuk pelatihan microsoft office word dan excel kepada perangkat-perangkat desa karangkemojing. Pelatihan ini dimaksudkan supaya para perangkat desa yang rata-rata umurnya sudah di atas kepala tiga, bisa mengoperasikan word dan excel. Ini karena semua pengolahan data yang ada di desa karangkemojing menggunakan kedua aplikasi tersebut dan tidak semua perangkat desa menguasainya.

Pelatihan microsoft word dan excel di desa karangkemojing dilakukan tepat tanggal 5 maret 2015, yaitu dua hari setelah ulang tahun BSI. Tutor atau pembicara dalam pelatihan ini adalah Ibu Eva Argarini Pratama (Word) dan Ibu Corie Mei Hellyana (Excel). Jumlah peserta dalam pelatihan ini kurang lebih 20 orang yang kebanyakan merupakan para pejabat desa setempat dan beberapa warga desa.

Sebagai tutor sesi pertama, Ibu Eva mengawali materi dengan pengenalan dasar microsoft office word kepada para peserta pelatihan, dilanjut dengan materi yang tentu berkaitan erat dengan pekerjaan sehari-hari para pejabat desa yaitu mengenai surat-menyurat. Dalam hal ini, Ibu Eva memfokuskan pada pembuatan surat undangan masal yaitu dengan menggunakan tools mail-merge pada microsoft office word. Tools ini akan memudahkan dalam membuat surat undangan dengan jumlah yang banyak, sehingga tidak perlu mengetik satu per satu.

Dalam sesi kedua atau terakhir, Ibu Corie sebagai tutor, melatih para pejabat desa untuk dapat mengoperasikan microsoft office excel secara lebih optimal, terutama dalam hal hitung-hitungan. Beliau memberikan beberapa rumus untuk menyelesaikan soal hitung-hitungan kepada para peserta pelatihan diantaranya rumus untuk menjumlahkan data, mencari rata-rata, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah dan masih banyak yang lainnya. Dengan rumus yang diberikan, diharapkan dapat memudahkan para pejabat desa dalam menjalankan pekerjaannya. (FBF)

Kembali...

BSI Purwokerto Peduli Kepada Anak Panti Asuhan

Kamis, 2015-10-22

AMIK BSI Purwokerto kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di tahun 2015 ini. Tepat pada hari Jumat, 23 Januari 2015, TIM Pengabdian dari AMIK BSI Purwokerto memberikan pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Corel Draw di Panti Asuhan Darul Hadlonah Purwokerto. Sebagai tutor dalam pelatihan adalah Bapak Vadlya Maarif. Beliau mengajarkan materi Corel Draw mulai dari dasar kepada para peserta yang umumnya masih duduk di bangku SMA.

 

Di awal pelatihan, Bapak Vadly menjelaskan tentang konsep dari desain grafis secara dasar kepada para peserta. Mereka yang umumnya masih duduk di bangku SMA ini sangat memperhatikan apa yang dijelaskan oleh Bapak Vadly karena mungkin bisa terbilang desain grafis sangat awam bagi mereka.

 

Pelatihan dimulai dengan mengenalkan beberapa tools yang terdapat di corel draw. Hingga akhirnya dilanjut dengan penggambaran dan pewarnaan terhadap objek-objek di corel draw. Para peserta pun sangat menikmati pelatihan dengan serius diiringi sedikit canda tawa.

 

Di akhir kegiatan, bapak valdy memberikan sebuah pertanyaan kepada para peserta mengenai materi yang telah diajarkan. Pertanyaan tersebut berhasil dijawab oleh salah satu peserta hingga akhirnya diberikanlah sebuah buku tentang Corel Draw yang diberikan langsung oleh Bapak Vadly kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Pelatihan pun selesai dan para peserta pun puas dengan materi yang diberikan. (FBF)

Kembali...
top