marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




Call For Paper "KNiST" 2017 (Afiliasi Jurnal Akreditasi dan DOAJ)
Kamis, 2017-03-02

Yth, Dosen BSI dan Nusa Mandiri Dalam rangka meningkatkan kualitas Dosen dalam melaksanakan penelitian dan publikasinya, PPPM BSI Bandung bekerjasama dengan 24 Perguruan Tinggi BSI dan Nusa Mandiri, melaksanakan "Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST) 2017"....
Selengkapnya>>

RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

SEMINAR LPPM NUSA MANDIRI

Jumat, 2016-11-18

Sesuai dengan hasil sosialisasi program kerja (proker) Pusat Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) STMIK NUSA MANDIRI, Kami mengapresiasi keinginan para dosen untuk mengikuti berbagai kegiatan seminar dilingkungan kampus Nusa Mandiri. Mohon isi pada form yang sudah kami sediakan. Waktu dan tempat akan kami sampaikan berikutnya. Terima kasih atas partisipasinya.

 

Klik Form Pendaftaran

Kembali...

Press Release Workshop Pengisian Kinerja Penelitian Dosen, Pembuatan Akun Peneliti dan Sosialisasi Program Kerja PPPM BSI dan Nusa Mandiri

Rabu, 2016-11-23

Salah satu komponen daya saing pada sebuah perguruan tinggi adalah kualitas sumber daya manusianya yang dalam hal ini adalah dosen. Peranan dosen pada sebuah perguruan tinggi sangatlah penting terkait dengan Peran, Tugas, Tanggungjawab untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, diperlukan Dosen yang Profesional, hal ini tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dimana dosen dinyatakan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Bab 1 Pasal 1 ayat 2).

Fasilitas penunjang dalam menjalankan kegiatan, tugas dan tanggungjawab bagi seorang dosen sangatlah dibutuhkan. Dosen mempunyai tiga tugas pokok yang tertuang dalan tri darma perguruan tinggi yaitu melakukan penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Selain ke tiga hal tersebut dosen juga harus melakukan pelaporan terkait kegiatannya seperti laporan penelitian, publikasi dan laporan lain terkait dengan beban kinerja dosen.

Dinas pendidikan tinggi dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (KEMENRISTEK DIKTI)  dalam memfasilitasi seluruh dosen yang ada di Indonesia telah mengembangkan sebuah aplikasi berbasis system informasi yaitu SIMLITABMAS (Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) yang berfungsi untuk menunjang dan mengelola kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan program kreativitas mahasiswa para dosen di perguruan tinggi.

Tujuan utama dibangunnya aplikasi ini adalah sebagai pangkalan data kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat dan program kretivitas mahasiswa.

Demi mencapai tujuan tersebut Bina Sarana Informatika dan STMIK-STBA Nusa Mandiri mengadakan workshop pengisian data kinerja dosen, pembuatan akun profil peneliti dan sosialisasi program kerja PPPM BSI dan Nusa Mandiri. Acara dilaksanaka pada tanggal 10 – 12 November 2016 yang berlokasi di kampus BSI Jatiwaringin.

Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh dosen BSI dan Nusa Mandiri dan dibagi menjadi dua sesi acara per hari, pembicara worshkshop berjulah 4 orang yaitu Ibu Dr, Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom, Ibu Dr. Erna Kusumawati, M.Pd, Bapak Taufik Baidawi, M.Kom dan Ibu Nurvi Oktiani, SE, MM.

Para dosen sebagai peserta kegiatan sangat antusias mengiktui kegiatan pada tiap sesinya mengingat workshop tersebut dirasa sangat penting dan membantu dalam menunjang kegiatan para peserta sebagai dosen di perguruan tinggi.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik dan sangat interaktif, respon dari para peserta pun sangat positif, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang di ajukan saat kegiatan maupun setelah acara selesai. Kami dari tim lppm khususnya yang menjadi panitia kegiatan sangat berterima kasih atas kerja sama seluruh dosen yang telah mengikuti acara workshop yg telah diselengarakan. (YPA)

 

Kembali...

Sosialisasi Permeristekdikti No 42 Tahun 2016 dan No 69 Tahun 2016 dan Permekeu No. 106 Tahun 2016

Selasa, 2016-11-29

Sebagai dosen, tentunya kita dituntut untuk tidak hanya memberikan ilmu kepada mahasiswa tetapi juga harus memenuhi tri Dharma Perguruan tinggi butir ke dua tentang Penelitian dan butir ke tiga tentang Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada tanggal 28 November 2016 Kopertis Wilayah III Jakarta mengadakan acara sosialisasi Permenrisktekdikti No 42 dan No 69 Tahun 2016 dan Permenkeu No 106 Tahun 2016 yang diselenggarakan di Assembly Hall Gedung Menara Bidakara 2, Pancoran Jakarta Selatan dengan mengundang ketua/bagian LPPM seluruh kampus yang menjadi naungan Kopertis Wilayah III. Dalam kesempatan ini Akademi BSI mengirimkan Bapak Taufik Baidawi, Bapak Agus Junaidi, Ibu Nurvi Oktiani, dan Ibu Siti Marlina sebagai utusan untuk mengikuti acara tersebut.

        Acara diawali dengan sambutan oleh Koordinator Kopertis Wilayah III, ibu Ilah Sailah, PhD. yang menekankan agar dosen selalu mengedepankan penelitian agar pada tahun 2020 Indonesia unggul dalam bidang penelitian ditingkat Asean dan pada tahun 2045 Indonesia dapat berperan dalam bidang penelitian di tingkat dunia.

        Pemaparan materi tentang Permenkeu No. 106 Tahun 2016 dan Permenristekdikti No. 69 Tahun 2016 dibawakan oleh Staf Kemenristekdikti Bapak Syarif Hidayat yang memberikan gambaran bahwa mulai tahun 2017 Penelitian yang dilakukan oleh dosen akan berbasis Standar Biaya Keluaran (SBK) dengan pagu anggaran yang lebih besar daripada tahun sebelumnya. Pemateri juga menjelaskan bahwa penelitian dengan basis SBK ini juga akan mendapatkan besaran tambahan biaya untuk publikasi jurnal sebesar 3 – 50 juta sesuai dengan tingkatan jurnalnya.

        Pemateri Permenristekdikti No. 42 Tahun 2016 tentang Pengukuran dan Penetapan Kesiapterapan Teknologi dibawakan oleh Bapak Huda M. Elmatsani dengan memberikan contoh cara pengukuran penelitian SBK dengan alamat wesite http://tkt.ristekdikti.go.id. Pada web tersebut peneliti akan menguji penelitiannya dengan memasukkan data-data yang diperlukan dan akan diproses oleh sistem sesuai dengan tingkat pengukuran penelitiannya dari tkt 1 s.d tkt 9. Data penelitian yang diolah juga akan diverifikasi dan divalidasi oleh pihak yang telah ditunjuk oleh kemenristekdikti. [ASJ]  

 

Sosialisasi1 Sosialisasi2 

Kembali...
top