marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017
Senin, 2017-01-16

Selamat kepada dosen Akademi BSI (Bina Sarana Informatika) dan Group yang telah lolos dalam seleksi Hibah Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ...
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

Strategi Sukses Menyusun Proposal Hibah Penelitian DIKTI Bagi Dosen Bina Sarana Informatika

Selasa, 2016-03-01

Mengusung Tema “Strategi Sukses Menyusun Proposal Hibah Litabmas DIKTI Bagi Dosen Bina Sarana Informatika”,  pada tanggal 29 Februari 2016 di BSI Jatiwaringin, LPPM BSI menggelar Workshop Penyusunan Proposal Hibah Dikti dengan Peserta Para Dosen dilingkungan Perguruan Tinggi BSI. Hadir sebagai nara sumber Prof. Dr Ernawati Sinaga,MS.,Apt. yang merupakan  reviewer senior hibah Dikti dan  juga menjabat sebagai Wakil Rektor BIbu Idang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Universitas Nasional (UNAS). Tepat jam 09.00 WIB acara dimulai dengan pembukaan langsung oleh Bapak Heri Kuswara, selaku Ketua LPPM BSI, kemudian sambutan dari Pimpinan BSI yang disampaikan oleh Ibu Ida Zuniarti selaku Direktur AMK BSI Jakarta.  Ibu Ida menyampaikan ucapan terima kasih kepada nara sumber yang telah hadir untuk berbagi ilmu dan pengalamannya, Ibu Ida juga berpesan kepada lebih dari 100 peserta yang merupakan Dosen-Dosen dilingkungan Perguruan tinggi BSI untuk mengikuti Workshop ini dengan sungguh-sungguh agar bermanfaat bagi penelitian Dosen.

Dimoderatori oleh Bapak Heri Kuswara,  Prof. Erna mengawali materinya dengan menjelaskan secara rinci bentuk hibah apa saja yang disediakan dikti untuk penelitian Dosen, diantaranya ia paparkan mengenai jenis-jenis hibah penelitian desentralisasi, dan hibah penelitian kompetitif nasional. Bentuk hibah desentralisasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen seperti hibah untuk Penelitian Dosen Pemula (PDP), Penelitian Hibah Bersaing (PHB),  Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (PEKERTI) dan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi  (PUPT). Selanjutnya yang yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam mengawali penelitian litabmas Dikti adalah  memahami Panduan Penelitian dengan mencermati dan menerapkannya kedalam proposal, melakukan latihan dalam pembuatan proposal dan menyimak contoh-contoh proposal yang lolos hibah penelitian Dikti. Selanjutnya Skim Penelitian Hibah Dikti yang harus diperhatikan adalah Peruntukan & Kriterianya,  Persyaratannya dan Format penulisannya. 

Pada bagian kedua, Prof. Erna menjelaskan tentang sistematika penulisan proposal yang beliau garisbawahi wajib mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Dikti dari mulai pembuatan/pemilihan  Judul,  Abstrak (wajib satu alinea), Ringkasan (sebaiknya beberapa alinea), Pendahuluan (mirip sama ringkasan tetapi lebih terurai sampai dengan lima halaman), Tinjauan Pustaka (tidak sepanjang pendahuluan/status terkini), Metode Penelitian, Biaya dan Jadwal Penelitian,  Daftar Pustaka dan Lampiran. Satu hal dari seluruh komponen dalam proposal tersebut beliau menitikberatkan tentang pentingnya  state of the art dalam bidang  yang diteliti dan road map (peta jalan) penelitian. Dalam kesempatan itu pula  Prof. Erna, membedah berbagai kelemahan/kekuranga/kesalahan dari beberapa proposal penelitian hibah Dikti Dosen BSI yang tidak Lolos, baik Proposal Hibah PDP maupuan Hibah Bersaing. Ia memberikan berbagai koreksi dan catatan untuk perbaikan proposal tersebut agar dapat diajukan ditahun 2016 ini.

Pada sesi Tanya jawab dibuka dua termin pertanyaan dimana setiap termin diberikan kesempatan kepada tiga dosen, dan kedua tertmin tersebut dimanfaatkan oleh peserta untuk bertanya berbagai hal yang berkenaan dengan penelitian hibah Dikti.  Dan tentunya Prof. Erna selaku reviewer Senior Dikti yang telah banyak melakukan penelitian dan publikasi ilmiahnya, menjawab berbagai pertanyaan dari peserta dengan solusi yang tepat agar dosen tidak terkendala lagi dalam melakukan penelitian.  Bahwa penelitian itu dianggap susah dikarenakan tidak mengetahui enaknya meneliti dan tidak percaya diri akan kemampuannya sebagai Dosen. oleh karenanya Prof. Erna berpesan mulailah melakukan penelitian dengan mengikuti panduan yang telah ditetapkan.

Dengan dilaksanakannya Workshop Penyusuan Proposal hibah Dikti ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen di lingkungan Perguruan Tinggi BSI dalam mngejawantahkan peran tri dharmanya di bidang Penelitian, apalagi LPPM dilingkungan Perguruan Tinggi BSI mempunyai target di tahun 2016 ini agar jumlah proposal hibah yang lolos/diterima oleh Dikti dua kali lipat banyaknya dari yang diterima tahun sebelumnya. [HRK]

 

Kembali...

Insentif buku ajar yang telah diterbitkan

Senin, 2016-03-07

Kepada Yth,

Dosen SA/LB/Instruktur BSI

di 

          Tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memotivasi dan menumbuh-kembangkan minat dosen perguruan tinggi dalam menghasilkan publikasi ilmiah buku ajar yang sesuai dengan disiplin ilmu dan mata kuliah yang diampunya, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam tahun 2016 akan memberikan insentif bagi dosen perguruan tinggi (PTN/PTS) yang memiliki buku ajar sudah terbit dan memiliki ISBN, melalui mekanisme seleksi.

Usulan harus sudah diterima selambat-lambatnya tanggal 04 April 2016, Pukul 17.00 WIB, ditujukan kepada: Ketua LPPM BSI Grup di Jakarta, via email lppm@bsi.ac.id, cc: heri.hrk@bsi.ac.id, nurvi.nvk@bsi.ac.id, titik.tmi@bsi.ac.id.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara diucapkan terima kasih.

 

NB: Silahkan unduh Panduan Pengajuan Usulan Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016, klik di sini

      Download Form Biodata Program Insentif Buku Ajar Terbit Tahun 2016, klik di sini

 

Kembali...

International Conference on Emerging Tourism in the Changing World

Selasa, 2016-03-15

Tourism has become the largest industry in the world involving foreign exchange and income generation, expanding employment opportunities and other forms of development in the form of infrastructural and educational and training provision at the local, regional and national levels. Tourism also provides the opportunity for cross-cultural encounters, the exchange of ideas, knowledge and culture. In political terms tourism also helps promote understanding between peoples of different nationalities. In this regard UNESCO sees tourism as a passport for encouraging a more peaceful world. However, if it is not managed appropriately and efficiently there are obvious potential and actual negative impacts in the commoditization of culture and communities, environmental deterioration, and conflict and contestation over culture, heritage and identity.

 

Read More, click here

Kembali...

SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INDUSTRI 2016

Selasa, 2016-03-15

Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti akan menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Industri 2016 pada :

 Tanggal : 18 – 19 Mei 2016,
 Tempat : Gedung Hery Hartanto Lantai 8 Kampus A Universitas Trisakti
 Tema : Inovasi Teknologi dan Energi Terbarukan untuk Penguatan Industri Nasional
 Pembicara Utama : Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
 
 
Read More, click here

Kembali...

Surat Edaran Program Unggulan Berpotensi HKI (UBER HKI) Tahun 2016

Selasa, 2016-03-15

Kepada Yth,

Dosen SA/LB/Instruktur BSI

di

Tempat

 

Dengan hormat,

Pada tahun 2016 Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan membuka program Unggulan Berpotensi HKI (UBER-HKI) yang dipergunakan untuk bantuan pendaftaran dan percepatan perolehan paten guna mendorong dan meningkatkan perolehan paten dari perguruan tinggi.

Program Bantuan Pendaftaran Paten UBER-HKI tahun 2016 ditujukan bagi pelaksana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah selesai kegiatannya dan siap diajukan pendaftaran patennya. Pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang akan diajukan permohonan pendaftaran patennya tidak dibatasi waktu.

Usulan disampaikan selambat-lambatnya tanggal 21 Mei 2016, pukul 14.00 WIB, ditujukan kepada:

Ketua LPPM BSI Grup di Jakarta, via email lppm@bsi.ac.id, cc: heri.hrk@bsi.ac.id, nurvi.nvk@bsi.ac.id, titik.tmi@bsi.ac.id.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara diucapkan terima kasih.

 

NB: Silahkan unduh Panduan Program Unggulan Berpotensi HKI (UBER HKI) Tahun 2016, klik di sini

Kembali...

CALL FOR PAPER JIKI

Kamis, 2016-03-17

CALL FOR PAPER JSI - Jurnal Ilmu Komputer & Informasi Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Indonesia for Volume 9, Issues 2, Juni 2016.

Submission Deadline: May 7, 2016.

 

Read more, klik here

 

 

Kembali...

Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karya Tulis Tahun 2016

Jumat, 2016-03-18

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Dosen PA dan Pembimbing

di Lingkungan BSI dan Grup

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberi kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karya Tulis yang terdiri atas : Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis untuk pendanaan tahun 2016.
Sehubungan hal tersebut di atas, kami mohon agar Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Pendaftaran secara daring (online) dilakukan oleh staf bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi melalui http://simlitabmas.dikti.go.id.
2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran selesai dilakukan.
3. Pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara daring dibuka mulai tanggal 21 Maret s.d 29 April 2016. Apabila melampaui batas waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
4. Ditmawa tidak menerima proposal dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Usulan disampaikan selambat-lambatnya tanggal 21 Mei 2016, pukul 14.00 WIB, ditujukan kepada: Ketua LPPM BSI Grup di Jakarta, via email lppm@bsi.ac.id, cc: heri.hrk@bsi.ac.id, nurvi.nvk@bsi.ac.id, rahmawati.rmw@bsi.ac.id.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Kembali...

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Microsoft Power Point di Mabes POLRI

Selasa, 2016-03-22

Sebagai salah satu bentuk implementasi kerjasama antara Yayasan BSI dengan Mabes Polri, Lembaga Penelitian dan Pengabdian BSI (LPPM BSI) dan BSI Career Center (BCC) diberikan amanah oleh lembaga untuk memenuhi undangan dari Mabes Polri tepatnya Biro Pengkajian dan Strategi SSDM Kepolisian Republik Indonesia (Rojianstra SSDM Polri) untuk menjadi tutor pelatihan komputer dengan materi Microsoft Power Point.

Sesuai permohonan, Rabu (16/03), LPPM BSI dan BCC mengutus tiga dosen yang sangat berpengalaman dbidangnya yaitu cep adi wihardja, heri kuswara dan eni pudjiarti. heri menuturkan “kami bertiga sekitar jam 07.30 pagi tiba di lokasi, sebuah kehormatan bagi kami dapat langsung bersilaturahmi dengan Para Pimpinan di Rojianstra SSDM Polri, kami diterima langsung oleh Karojianstra SSDM Polri Brigjen Pol Dr. Eko Indra Heri, M.M., Kabag Anev Rojianstra SSDM Polri, Kombespol Drs. M. Asep Syahrudin M.Si, MH, Kompol Syaifudin,S.Sos dan personel dijajaran Rojianstra SSDM Polri, penyambutan dan penerimaannya sangat berkesan, ramah-ramah dan familier, ” Ujar Heri.

Dalam sambutannya, Asep yang merupakan salah satu pimpinan di jajaran Rojianstra SSDM Polri menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSI yang telah hadir untuk memberikan pelatihan komputer bagi personilnya. Asep juga menyampaikan tujuan dari diadakannya pelatihan ini untuk meningkatan kemampuan personil dalam bidang pembuatan paparan atau presentasi menggunakan power point yang dipadukan dengan audio dan video. “Selesai Pelatihan ini, semua personel, di Rojianstra SSDM Polri harus mahir dalam membuat slide persentasi yang menarik dan atraktif,” ujarnya. Heri, selaku wakil BSI memberikan pengantar singkat dengan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BSI sebagai perguruan tinggi yang hingga saat ini menjadi salah satu mitra Mabes Polri, sedikit heri juga menjelaskan tentang pentingnya aplikasi power point sebagai salah satu media terbaik dalam mengkomunikasikan informasi /materi kepada audience atau peserta.

 

Tepat jam 08.15, cep adi dibantu heri dan eni langsung memberikan pelatihan power point kepada sekitar 25 personel. Dengan tutorial yang sangat lengkap dan praktikum langsung, antusiasme peserta sangat baik dalam mengikuti step demi step materi yang diberikan. Sesuai permintaan, cep adi dengan detail menjelaskan dan mempraktekan berbagai fasilitas pada power point baik yang terdapat pada menu bar maupun format bar. Peserta dilatih membuat slide presentasi dari mulai tampilan slide sederhana, dikreasikan agar lebih menarik, dikolaborasikan dengan audio dan video sesuai kebutuhan serta mengajarkan bagaimana cara me”link”kan antar slide maupun dengan aplikasi lainnya.

Cep yang sudah malah melintang memberikan pelatihan diberbagai institusi, memberikan “bonus” materi dengan mengajarkan cara membuat animasi gambar atau photo dengan fasilitas yang ada pada power point. Saking asyiknya peserta mengkreasi slide presentasi, pelatihan yang seharusnya sampai jam 15.00 WIB, lagi-lagi Cep memberi “bonus” satu jam, baru selesai jam 16.00 WIB.

Pelatihan ditutup oleh Asep dengan ucapan terima kasih kepada BSI dan rasa bangganya terhadap personel yang telah dengan focus dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan dari awal sampai dengan akhir, tak lupa ia akan kembali mengagendakan pelatihan dengan materi lainnya tentu dengan tutor dari BSI.

Kembali...

Penerimaan Usulan Peserta Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional Tahun 2016

Kamis, 2016-03-24

Kembali...

37 Dosen BSI Penerima Hibah PDP Dikti Anggaran Tahun 2016 Menghadiri Sosialisasi dari LPPM BSI

Kamis, 2016-03-24

Sejalan dengan kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti, Penelitian Dosen Pemula merupakan salah satu skema penelitian yang diperuntukkan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi. Selain untuk mengarahkan dan membina kemampuan meneliti, program ini juga diharapkan dapat menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah baik lokal maupun nasional terakreditasi. Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi.

 

Baru-baru ini, (10/03)  bertempat di Kampus BSI Dewi Sartika Jakarta,  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Bina Sarana Informatika (LPPM BSI) mengadakan sosialisasi kepada 37 Dosen BSI yang dinyatakan lolos menerima hibah penelitian Dosen Pemula (PDP) Kemenristek Dikti. Nurvi selaku Ketua Bidang Penelitian BSI, memaparkan secara jelas informasi terkait pengumuman Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat, Perihal Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun 2016. Sosiusalisasi ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dan penjelasan tentang tata cara pelaporan Penggunaan Anggaran Penelitian, Laporan Akhir dan  Berkas Seminar Hasil (Artikel Ilmiah, Borang Capaian Kegiatan, Poster, dan Profil).

 

Dalam sambutannya, Heri Kuswara selaku Ketua LPPM BSI memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh Dosen yang telah lolos proposal penelitiannya untuk didanai oleh pemerintah melalui hibah Dikti tahun anggaran 2016, ‘kami mewakili manajemen BSI  sangat bangga dengan Bapak/Ibu yang telah lolos menerima Hibah Penelitian Dikti, apalagi dosen yang lolos terbilang banyak, setiap tahun jumlahnya meningkat terus, ini menunjukan bahwa Dosen-dosen BSI sangat Concern dengan Bidang Penelitian yang merupakan salah satu aspek terpenting dalam Perguruan Tinggi,’ ujarnya. Suryanto salah satu dosen BSI yang lolos menerima hibah PDP mengungkapkan kebahagiaannya atas apa yang diraih, ia katakan ‘dari awal saya buat proposal penelitian, LPPM BSI senantiasa hadir mendampingi, memotivasi dan mengarahkan saya sampai lolos, begitupun setelah dinyatakan lolos sebagai penerima hibah dikti, LPPM BSI tidak melepas begitu saja tapi terus mengarahkan saya sampai nanti pembuatan laporan akhir,  Terima kasih LPPM BSI atas semua bantuannya’,pungkasnya.

 

Dengan semakin banyaknya dosen BSI yang lolos hibah Penelitian Dosen Pemula Dikti, diharapkan kedepan dapat terus meningkatkan motivasi dan antusiasme dosen lainnya dilingkungan perguruan tinggi BSI untuk meningkatkan kegiatannya dibidang penelitian. 

 

Kembali...

JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2016 (HIBAH DIKTI)

Kamis, 2016-03-24

Kembali...

JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT TAHUN 2016 (HIBAH DIKTI)

Kamis, 2016-03-24

Kembali...

SEMINAR NASIONAL (IT, ETHICS, REGULATION AND CYBER LAW) DI HOTEL MERCURE PONTIANAK

Kamis, 2016-03-24

Kembali...
top