marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017
Senin, 2017-01-16

Selamat kepada dosen Akademi BSI (Bina Sarana Informatika) dan Group yang telah lolos dalam seleksi Hibah Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ...
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

SEMANGAT RPTRA KEBON PALA SEMANGAT KEBERSAMAAN

Rabu, 2017-01-11

Hari Sabtu, 26 November 2016 dan 03-17 Desember 2016, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Ruang Public Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kebon Pala yang berlokasi di Jl. Kamboja, RT.10/RW.1, Kb. Pala, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13650. 

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 di Aula RPTRA Kebon Pala yang dihadiri oleh 19 orang (pengelola RPTRA Kebon Pala dan Ibu-Ibu PKK), kegiatan dimulai dengan meriah oleh  Ibu Ita Dewi Sintawati yang betindak sebagai MC. Setelah pembukaan acara, acara selanjutnya adalah sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama dari Lurah Kebon Pala, Bapak Sigit Darmanto S. KM, M. Epid kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana PPM AMIK BSI Bekasi, Bapak Heru Purwanto, M.Kom.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pengenalan komputer yaitu input, proses, dan output device (26 November 2016), pengenalan interface Microsoft word 2013, penerapan aplikasi, pembuatan dokumen sederhana (03 Desember 2016), dan  pengenalan interface Microsoft excel 2013, penerapan aplikasi, pembuatan dokumen sederhana (17 Desember 2016) oleh Ibu Tri Hartati selaku Tutor dibantu rekan-rekan dosen lainnya sehingga diharapkan peserta dapat memahami materi lebih baik.

Kegiatan ini disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Pada awal kegiatan diadakan pre-test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan masyarakat dalam pengenalan perangkat komputer yang biasa digunakan dan mengukur kemampuan awal peserta dalam menggunakan aplikasi Microsoft office 2013, kemudian di akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan pengabdian masyarakat ini setiap tatap muka ditutup dengan diskusi  mengenai workshop dan pembagian konsumsi.

Kembali...

Pengabdian dosen AMIK BSI Karawang di RPTRA Kebon Pala

Rabu, 2017-01-11

Di era digitalisasi sekarang ini sangat penting dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari karena diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi yang menggunakannya.  Atas dasar itulah sebagai Dosen yang berkecimpung di bidang teknologi informasi kami mempunyai kepedulian yang tinggi mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) yang dapat meningkatkan kinerja masyarakat dibidang teknologi informasi. Sebagai realisasinya maka kami mengadakan kegiatan PM di RPTRA Kebon Pala yang berlokasi di daerah Jakarta Timur. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu selama 3 kali pertemuan pada tanggal 26 November, 3 Desember dan 17 Desember 2016 meliputi Pembelajaran Microsoft Office Excel, Pembelajaran Microsoft Office Word, Pembelajaran Microsoft Office Power Point.

Selama kegiatan berlangsung kami juga mengalami tantangan dalam mentransfer ilmu kepada masyarakat yang pesertanya kebanyakan adalah Ibu-Ibu. Tantangan yang dihadapi berupa kemampuan peserta yang berbeda-beda sehingga kami harus menggunakan trik agar target materi dapat terpenuhi. Namun hal ini bukanlah suatu kendala yang berarti untuk tetap mengabdi kepada masyarakat dalam berbagi Ilmu.

Mudah-Mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kedua belah pihak. Baik untuk kemajuan masyarakat dalam menambah pengetahuan dan keahlian Dosen dalam berbagi Ilmu. Semoga kegiatan PM dimasa yang akan datang dapat lebih inspiratif dan inovatif.

 

 

Kembali...

Dari Kami Untuk RPTRA Kebon Pala

Rabu, 2017-01-11

Tidak dipungkiri lagi Komputer sudah merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.  Atas dasar itulah Kami (Dosen BSI) memiliki kepedulian yang tinggi untuk mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dilingkungan ibu-ibu PKK yang ada di RPTRA Kebon Pala.  Kegiatan PPM berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan pada tanggal 26 November, 3 Desember dan 17 Desember 2016, diadakan di RPTRA Kebon Pala meliputi Pembelajaran Pengenalan Komputer, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan  Microsoft PowerPoint.

Selama pelatihan Kami menghadapi tantangan dalam mentransfer ilmu kepada peserta dalam hal ini adalah ibu-ibu PKK. Tantangan yang dihadapi berupa kemampuan peserta yang berbeda-beda sehingga Pengajar (Tutor) harus menggunakan berbagai cara agar target materi dapat terpenuhi seperti mengelompokkan peserta menurut kemampuan, dan lain-lain. Hal ini Kami anggap bukan suatu kendala tapi lebih kepada tantangan untuk tetap mengabdi kepada masyarakat dalam berbagi Ilmu.

Semoga pelaksaan kegiatan ini memberikan manfaat yang berarti bagi Kami dan para Ibu PKK. Baik untuk kemajuan para ibu PKK dalam kegiatan sehari-harinya dan juga menambah pengetahuan mereka. Serta bagi Kami para Dosen dapat meningkatkan keahlian dalam memahami berbagai karakter dan juga berbagi Ilmu. Semoga kegiatan PPM yang baik ini dikemudian hari, tambah lebih baik lagi.

Kembali...

INTERNATIONAL MANAGEMENT AND BUSINESS CONFERENCE (IMBC) 2017

Rabu, 2017-01-11

 

Selengkapnya klik di sini

Kembali...

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017

Senin, 2017-01-16

Kembali...

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017

Rabu, 2017-01-18

 

Selengkapnya klik di sini

Kembali...

INTERNATIONAL MANAGEMENT AND BUSINESS CONFERENCE (IMBC) 2017

Rabu, 2017-01-11

 

Selengkapnya klik di sini

Kembali...

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017

Rabu, 2017-01-18

 

Selengkapnya klik di sini

Kembali...

RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017

Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Untuk mengevaluasi kinerja penelitian PT 2016 dan membahas program kerja PPPM 2017 yang terdiri dari kinerja penelitian, kinerja pengabdian masyarakat (Abdimas), dan pengelolaan jurnal tahun anggaran 2017, PPPM BSI menyelenggarakan rapat kerja PPPM 2017 di Wisma BSI Kaliabang, Bekasi Utara pada tanggal 24-26 Januari 2017.

 

Acara dimulai dengan pengarahan oleh Direktur BSI Bapak Ir. Naba Aji Notoseputro yang mengharapkan agar PPPM dapat menjadi garda terdepan dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat karena PPPM menggambarkan wajah sebuah perguruan tinggi. Ketua PPPM BSI Group Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom juga menyampaikan agar PPPM dapat memperbaiki data penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga dapat menaikkan klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi BSI Group dari cluster binaan ke cluster madya dan yang sudah berada di cluster madya dapat meningkat ke cluster mandiri agar semakin banyak dosen BSI yang mendapatkan dana hibah dari dikti.

 

E-journal BSI, kinerja Abdimas menjadi dan penyiapan data penunjang akreditasi adalah pembahasan utama pada hari ke dua pelaksanaan rapat kerja. Untuk menunjang penerbitan secara online jurnal-jurnal BSI yang juga ditargetkan agar terindeks oleh google scholar dan DOAJ yang disampaikan oleh ketua e-journal Bapak Ibnu Akil, M.Kom. Untuk pengarahan mengenai Abdimas tahun 2017 disampaikan oleh Bapak Dr. Doni Purnama, MM, M.Kom yang akan menunjang pengisian laporan kinerja Abdimas pada laman simlitabmas.ristekdikti.go.id. Penyiapan dokumen-dokumen terkait akreditasi disampaikan oleh Bapak Taufik Baidawi, M.Kom.

 

Harapan pimpinan raker ibu Dr. Dwiza Riana, S.Si, MM, M.Kom, di akhir acara raker agar para peserta raker dapat menjalankan semua amanah raker. Peserta raker dapat menjalankan tugas utama suport data akreditasi, melengkapi data Simlitabnas tahun 2017. Melakukan program dan pokok utama yang dirumuskan di raker untuk peningkatan kualitas data penelitian dan abdimas di tahun-tahun berikutnya. Lakukan inovasi dan ide kreatif dalam setiap kegiatan untuk menghasilkan kegiatan yang berkualitas. Saling bekerja sama One Team One Vision. (TFB)

Kembali...
top