marker

Info Terkini

Unduh Materi Workshop dan Seminar




RAPAT KERJA PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (PPPM) BSI 2017
Senin, 2017-01-30

Pelaporan data Kinerja penelitian pada Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas) Ristekdikti telah diselesaikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya....
Selengkapnya>>

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017
Rabu, 2017-01-18

SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU VIII 2017 Universitas Budi Luhur....
Selengkapnya>>

Akademi BSI dan Group Menerima Hibah Penelitian Ristek DIKTI Didanai 2017
Senin, 2017-01-16

Selamat kepada dosen Akademi BSI (Bina Sarana Informatika) dan Group yang telah lolos dalam seleksi Hibah Penelitian yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. ...
Selengkapnya>>

marker marker

Tautan Seminar

Seminar SNIT

Seminar ISSIT

Kunjungan Ilmiah dan Penjajakan Kerjasama LPPM BSI Dengan UPPM Polban

Selasa, 2016-02-02

Dua pertiga dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ada diBidang Penelitian dan Pengabdian selebihnya tentu dibidang akademik/pengajaran,  Mengingat pentingnya tugas dari Lembaga/Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam memfasilitasi, memediatori dan mendorong para dosen dan mahasiswa untuk melakakuan berbagai jenis penelitian dan pengabdian sesuai bidang ilmunya. LPPM BSI secara intens melaksanakan program kerja yang bertujuan meningkatkan atmosfir penelitian dan pengabdian di lingkungan Perguruan Tinggi BSI. Baru-baru ini, jumat 29 januari 2016 LPPM BSI mengadakan kunjungan ilmiah, study banding, sharing dan penjajakan kerjasama dengan Politkenik Negeri Bandung (Polban) dengan tujuan agar kedua belah pihak dapat berkolaborasi dan bersinergi melakukan berbagai penelitian dan pengabdian.

Dalam kunjungan tersebut, Heri Kuswara selaku Kepala LPPM BSI  didampingi oleh Ani Solihat dan Hendi Yuliansyah diterima langsung oleh Kepala UPPM Polban, Ediana Sutjiredjeki  beserta Staff. Diawali dengan Pembukaan dan Perkenalan, Deddy Saefulloh perwakilan dari UPPM Polban memandu acara kunjungan tersebut. Presentasi dimulai dari UPPM Polban oleh Ediana Sutjiredjeki memaparkan tentang kegiatan UPPM yang dilakukan seperti Workshop Proposal Penelitian, Klinik Proposal Penelitian, jenis penelitian internal, pelaksanaan seminar berskala nasional dan intenasional setiap tahun, Publikasi artikel ilmiah pada 11  jurnal internal, Nasional dan Internasional. Pada Bidang Pengabdian kepada masyarakat, UPPM Polban bekerjasama dengan Perusahaan atau masyarakat seperti pembuatan teknologi tepat guna untuk masyarakat sekaligus diberikan penyuluhan dan pelatihannya, pembukaan Traveller Program Studi, penyediaan Buku Ajar/Book Store untuk mahasiswa dan masyarakat, Penyediaan Studio Komunikasi Bisnis dan lain-lain.

Dilanjutkan oleh Heri Kuswara, dari LPPM BSI menyampaikan presentasi tentang profil LPPM BSI, Visi, Misi dan Program Kerja. Tidak jauh berbeda dengan UPPM Polban, ia juga memaparkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPM BSI diantaranya Workshop Penyusunan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional dan Internasional untuk Mahasiswa dan Dosen, Worskhop Penyusunan Proposal Penelitian Hibah Dikti, Workshop Pengelolaan Jurnal dan Ejournal serta Seminar Motivasi Karir Dosen. beberapa kegiatan berskala besar yang rutin setiap tahun dilaksanakan oleh LPPM BSI adalah Seminar Nasional (SNIT) dan Seminar Internasional (ISSIT) dalam bidang Teknologi Informasi. Sharing Session dipandu oleh Deddy saefulloh dari UPPM Polban, dimana Heri Kuswara, Ani Solihat dan Hendi Yuliansyah mewakili LPPM BSI dan UPPM Polban terdiri dari  Ediana Sutjiredjeki, Deddy Saefulloh, Carolina & Herawaty Budiastuti. Banyak hal yang didiskusikan oleh kedua belah pihak terutama penjajakan kerjasama dibidang penelitian dan pengabdian, sharing artikel ilmiah pada jurnal masing-masing, dll. Demikian kunjungan, study banding dan sharing yang dilakukan LPPM BSI ke UPPM Polban Bandung, semoga bermanfaat. (HRK)

Kembali...

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Outcome Untuk Dosen Muda BSI

Rabu, 2016-02-10

Mengusung Tema “Meningkatkan Publikasi Hasil Penelitian Dosen  Dalam Bentuk Jurnal Ilmiah di Lingkungan Perguruan Tinggi Bina Sarana Informatika”, LPPM BSI menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional dengan Peserta para Dosen Muda dilingkungan Perguruan Tinggi BSI. Antusiasme yang sangat tinggi dari peserta terlihat dari  kesungguhan dalam  mengikuti kegiatan. Workshop yang dibagi kedalam dua sesi peserta ini dilaksanakan dari tanggal 1  s.d. 4 februari 2016 dengan sesi pertama sebanyak 100 orang dari tanggal 1-2 februari dan sesi kedua sebanyak 100 orang dari tanggal 3-4 februari,  dengan  menghadirkan nara sumber yang tentu  sangat kompeten dibidangnya. Di hari pertama LPPM BSI menghadirkan Riviewer Internal yaitu Herlawati dan Akmaludin sebagai nara sumber dengan membawakan materi secara bergantian tentang “Paradigma Metodologi Penelitian” dan “Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional”.   

Acara yang setiap harinya dimulai sejak jam 08.00 s.d. 17.00 ini dimoderatori langsung oleh Heri Kuswara selaku ketua LPPM BSI, selesai nara sumber menyampaikan presentasinya, tepat jam 15.00 WIB, agenda dilanjutkan dengan Tanya jawab, sharing dan diskusi antara peserta dengan nara sumber. Lebih dari 10 penanya menyampaikan berbagai pertanyaannya seputar kiat sukses atau kendala yang dihadapi dalam menulis artikel ilmiah.  Dihari kedua, peserta dibagi kedalam lima kelas (satu kelas 20 orang/ setiap kelas satu nara sumber/tutor) untuk dilakukan couching clinic, dimana semua peserta yang hadir wajib menyampaikan artikel ilmiahnya kepada  nara sumber yang bertindak sebagai reviewer internal untuk mengoreksi dan membahasa seluruh artikel ilmiah peserta.  Adapun  sebagai tutor/reviewer internal dihari kedua adalah Erna Kusumawati,  Akmaludin,  Herlawati, Linda Marlinda, Suryanto yang kesemuanya adalah Dosen Senior dilingkungan Perguruan Tinggi BSI dan Nusa Mandiri.

Pada Sesi Kedua, 3-4 februari LPPM BSI menghadirkan nara sumber yang juga sangat kompeten dibidang penulisan artikel ilmiah, yaitu Ida Zuniarti  dan  Kusumahati dengan materi yang sama. Jumlah peserta yang cukup banyak ini menandakan bahwa dosen dilingkungan perguruan tinggi BSI benar-benar ingin meningkatkan kapasitasnya dibidang penelitian. Untuk couching clinicnya, LPPM BSI menghadirkan lima tutor/riviewer kembali yaitu Ida Zuniarti, Kusumahati, Suparman HL,  Yopi Hendrianto dan Nurvi Oktianti.  Agenda kegiatan untuk sesi kedua ini sama halnya dengan sesi pertama, yang membedakan adalah peserta ada nara sumber/riviewernya.

Kegiatan berbasis Outcome ini tidak selesai sampai disitu saja, semua peserta mempunyai kewajiban untuk melanjutkan artikel ilmiah yang sudah diriviewer oleh tutor untuk diperbaiki/direvisi dan senantiasa intensif berkomunikasi dengan tutornya sehingga dua bulan kedepan dapat dipublikasikan baik dijurnal internal maupun dijurnal ekternal. Demikian sekilas liputan kegiatan workshop ini disampaikan,  selamat dan Sukses Untuk Peserta Workshop semoga makin banyak artikel ilmiah hasil penelitian Dosen dilingkungan BSI dapat dipublikasikan dan bermanfaat untuk Negeri. [HRK]

 

Kembali...

WORKSHOP MENGELOLA KEUANGAN DENGAN SOFTWARE ACCOUNTING PADA GURU-GURU PAUD KRAMAT JATI

Senin, 2016-02-15

Software Accounting merupakan sebuah aplikasi pengelolaan pencatatan keuangan organisasi berbasis teknologi. Software ini digunakan untuk mempermudah user dalam mengelola keuangan yang hasil akhirnya dibutuhkan manajemen level top dalam mengambil keputusan, baik pada perusahaan ataupun organisasi profit dan nonprofit. Tanggal 4 Februari 2016 bertempat di Kampus BSI Dewi Sartika, Dosen-Dosen BSI dan STMIK Nusa Mandiri memberikan workshop dan implementasi bagaimana mengelola keuangan perusahaan dan menerapkannya pada software tersebut.

Pemateri memanfaatkan software zahir accounting versi pendidikan untuk diperkenalkan kepada Guru-Guru PAUD tentang bagaimana mengelola keuangan perusahaan dengan memberikan contoh studi kasus keuangan suatu perusahaan. Target peserta dari materi ini adalah Guru-Guru PAUD yang selain mengajar namun juga memiliki  posisi di struktur organisasi sekolah. 

PAUD merupakan sekolah pendidikan untuk anak-anak usia dini yang sifat kegiatannya Non-Profit, yakni untuk pendidikan. Namun dalam kegiatan sehari-harinya, PAUD  juga memiliki anggaran,penerimaan serta pengeluaran dari berbagai pihak. Dengan adanya workshop ini, staf dari PAUD diharapkan memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai cara mengelola keuangan suatu organisasi dengan memanfaatkan teknologi. Pentingnya pemanfaatan teknologi ini adalah memudahkan para user atau staf tata usaha dalam mengelola keuangan, menyusun laporan keuangan serta menyajikan kepada para pengambil kebijakan untuk dapat mengambil keputusan. Pentingnya mengambil keputusan yang tepat dapat berimbas pada kebertahanan suatu badan perusahaan. [RMW/SMR]

 

Kembali...

Strategi Cerdas Merencanakan Karir Dosen

Kamis, 2016-02-11

Menjadi Dosen Profesional adalah dambaan banyak orang yang ingin mengabdikan dirinya mengamalkan ilmu, pengetahuan dan keahliannya untuk bangsa. Tak terkecuali staf pengajar di lingkungan perguruan tinggi BSI yang sedang menyelesaikan program pasca sarjananya. LPPM BSI sebagai Lembaga yang diamanahkan untuk memediatori dan memfasilitasi Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tentu mempunyai peran dan tanggungjawab yang besar dalam mengantarkan staf pengajar BSI menjadi Dosen profesional dan seutuhnya.  Berangkat dari itu, pada tanggal 5 februari 2016 LPPM BSI mengcreate sebuah kegiatan dalam bentuk seminar motivasi bagi mereka yang sedang menyelesaikan program pasca sarjananya agar cepat selesai tepat waktu dan kelak menjadi Dosen  sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan pemerintah. Dengan mengusung tema “Strategi Cerdas Merencanakan Karir Dosen”, LPPM BSI menghadirkan nara sumber Heri Kuswara yang juga sebagai Ketua LPPM BSI dan Dahlia Sarkawi sebagai Kepala Pengembangan Karir Dosen. 

Dipandu oleh Sari Hartini dan Ratna sebagai moderator, Heri mengawali presentasinya dengan menampilkan tahapan perencanaan karir yang dimulai dari fase fantasi, tentative dan realistis. Dimana pada fase realistis (usia 18-23 tahun) setiap kita wajib menentukan pilihan karirnya. Selanjutnya  untuk meraih sukses dalam karir, Heri memaparkan beberapa hal yaitu yang pertama pentingnya mempunyai alasan yang kuat untuk sukses. Peserta diminta untuk menuliskan 5-10 alasan terkuat kenapa wajib sukses. Yang kedua adalah membuat perencanaan karir  yang dibagi kedalam tiga fase yaitu jangka pendek 0-2 tahun, jangka menengah 2-5 tahun dan jangka panjang 5,10,15 tahun. Begitupun pada pembahasan materi ini peserta diminta untuk mengisi minimal masing2 lima rencana karirnya dijangka pendek, menengah dan panjang. Selanjutnya kiat dari heri kuswara adalah action yaitu melakukan berbagai hal/aktifitas dalam kehidupan sehari-hari untuk mengimplementasikan rencana karirnya. Strategi terakhir yang heri suguhkan adalah Doa yang sungguh2 sebagai pondasi seseorang dalam merencanakan karir. 

Dewasa ini, untuk menjadi Dosen Profesional, Heri Kuswara memberikan beberapa tips yang harus dikuasai oleh mereka yaitu hard skill yang up to date, spesifik dan berdaya saing global lalu sertifikasi profesi dan kompetensi berstandar nasional dan internasional serta unsur soft skill sebagai kunci sukses dalam karir apapun.  Nara Sumber Kedua yang merupakan Dosen paling Senior di BSI, Dahlia Sarkawi yang juga kepala pengembangan Karir Dosen BSI memberikan materi tentang persyaratan menjadi seorang Dosen, kepangkatan akademik yang harus dipenuhi (Jabatan Fungsional Akademik), Sertifikasi Dosen, dan lain-lain. Secara jelas beliau memaparkan kewajiban Dosen dengan Tri Dharma Perguruan Tingginya baik itu pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

 

Dengan penguasan materi yang luar biasa, Dahlia  secara detail dan terperinci menjelaskan apa itu NIDN (Nomer Induk Nasional), persyaratan untuk mendapatkan NIDN, apa itu jabatan fungsional akademik, angka kredit tri dharma yang harus dipenuhi setiap level dalam jabatan fungsional akademik, persyaratan mengikuti sertifikasi Dosen, level pendidikan dan linieritas program studi/keilmuan. Dengan gaya bicara dan intonasi yang tegas, lugas namun menghibur, Dahlia memoitvasi peserta untuk segera menyelesaikan program pasca sarjananya agar dapat mengurus NIDN, JFA dan Serdos. Bahkan ia menyarankan untuk melanjutkan study ke jenjang DOktoral (S3).

Dalam sesi Tanya jawab, diberikan kesempatan kepada lima orang untuk menanyakan berbagai hal yang berkenaan dengan karir Dosen kepada kedua Nara Sumber. Di akhir acara Heri dan Dahlia berpesan bahwa Dosen adalah Profesi yang sangat Mulia, curahkan dan abdikan diri sepenuhnya dalam mencerdaskan sebanyak mungkin anak bangsa. [HRK]

 

 

Kembali...

PELATIHAN IMPROVING ENGLISH SKILL PADA GURU-GURU PAUD KRAMAT JATI DALAM MENJAWAB TANTANGAN DI ERA MEA 2016

Senin, 2016-02-15

5 Februari 2016, Dosen BSI dan STIBA Nusa Mandiri mengadakan pelatihan bahasa inggris pada Guru-Guru PAUD dengan tema Improving English Skill. Pelatihan yang diselenggarakan Dosen BSI dan STIBA Nusa Mandiri ini dilakukakan di Kampus BSI Dewi Sartika.

Bahasa merupakan alat berkomunikasi seseorang dengan orang lain.  Sehingga orang yang berkomunikasi satu sama lain dapat saling mengerti apa yang diutarakan masing-masing. Bahasa inggris merupakan bahasa yang diakui secara internasional yang harus dikuaasi semua pihak dalam menyambut kehadiran MEA di tahun 2016. Pentingnya Bahasa inggris dalam dunia pendidikan adalah salah satu usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kemampuan ini merupakan salah satu skill yang harus dimiliki seorang Guru agar memudahkan berkomunikasi antar. Untuk menjawab tantangan di Era MEA 2016, maka tema ini merupakan langkah nyata untuk melatih Guru-Guru PAUD agar kemampuan bahasa inggris mereka dapat meningkat.

Adapun metode yang digunakan oleh pemateri kepada audiens dibuat semenarik mungkin. Meskipun ada kendala disana-sini, namun materi dapat diberikan dengan baik. Peserta mendengarkan percakapan melalui audio dari native speaker utnuk materi listening, dan membuat kelompok percakapan untuk mempraktekkannya lagi. Selain itu materi disisipkan dengan games menarik.

Dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan Guru-Guru semangat dalam mempraktekkan pengetahuan yang telah didapat dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka. [RMW/TMI]

 

Kembali...

PEMBERDAYAAN GURU-GURU PAUD KRAMAT JATI

Senin, 2016-02-15

Teknologi komputer saat ini bukanlah sesuatu yang baru, namun perkembangannya yang selalu cepat membuat setiap orang dituntut untuk selalu update perkembangannya. Guru-Guru PAUD yang terbiasa mengajarkan anak tentang moral dan kehidupan, kini mulai belajar untuk mengikuti perkembangan dari teknologi tersebut, salah satunya adalah Microsoft Office. Ada beberapa materi yang diberikan kepada pemateri dari Dosen-DosenBSI dan STMIK Nusa Mandiri antara lain: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point dan Microsoft Publisher. Materi yang diberikan ini membutuhkan waktu pelatihan selama 3 hari pada tanggal 1,2,3 dan 9 Februari 2016.

Pelatihan yang diselenggarakan Kampus Dewi Sartika B dimulai pada tanggal 1 Februari 2016 dengan materi Microsoft Excel. Tema pada materi ini adalah belajar mengolah data dengan fungsi-fungsi yang ada di Excel. Karena materi ini banyak diminati Guru-Guru oleh karena itu diselenggarakan dua kali pada tanggal 9 Februari 2016.

Materi kedua dilanjutkan pada tanggal 2 Februari 2016 dengan materi Microsoft Word dan Power Point. Microsoft Word melatih Guru-Guru Paud untuk berkreasi menulis artikel dengan pernak-pernik dan fungsi yang ada di Microsoft Word. Sedangkan Microsoft Power Point berisikan materi tentang pengenalan awal untuk membuat presentasi interaktif. Dan pelatihan di tanggal 3 februari memperkenalkan bagaimana cara membuat undangan dengan memanfaatkan teknologi Microsoft Publisher.

Dari pemberdayaan yang dilakukan oleh Dosen-Dosen selama 4 hari dibidang teknologi komputer, peserta diberikan kuesioner untuk mengisi kesan dari pelatihan yang diikuti serta saran kedepan yang diharapkan. Hasil kuesioner yang dirangkum dari semua peserta adalah sangat puas dan senang dengan adanya pelatihan ini. Peserta merasa terbantu dan semangat untuk memperdalam materi-materi tersebut. Diharapkan kedepannya program ini dapat berlanjut dan berkesinambungan. [RMW/RIZ]

 

Kembali...

AMIK BSI BOGOR BERIKAN PELATIHAN KOMPUTER DAN INTERNET KEPADA STAF KELURAHAN CIWARINGIN

Senin, 2016-02-22

BOGOR (06/02) – Pentingnya peran serta perguruan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Terlebih salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian, adalah kegiatan pengabdian masyarakat. Hal itulah yang mendorong AMIK BSI Bogor untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengoperasian aplikasi komputer microsoft office dan pemanfaatan e-mail sebagai media komunikasi efektif bagi Kelurahan Ciwaringin.
Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 2-6 Februari 2016 tersebut diselenggarakan di aula Kelurahan Ciwaringin yang diikuti oleh seluruh staf kelurahan. Pelatihan ini diberikan sebagai bentuk partisipasi AMIK BSI Bogor dalam pembangunan Kota Hujan. Panitia berharap pelatihan program microsoft office dan e-mail tersebut dapat meningkatkan pelayanan masyarakat di Kelurahan Ciwaringin.
Lurah Ciwaringin Sutarso, menyambut baik pelatihan tersebut . Ia berharap seluruh staf bisa lebih cepat dan akurat dalam melayani masyarakat. Terlebih, penguasaan komputer adalah mutlak bagi para PNS di tengah derasnya perkembangan teknologi informasi. “Mudah-mudahan tidak ada lagi staf kami yang gaptek (gagap teknologi),” ucapnya.
Selain pelatihan komputer, AMIK BSI Bogor juga menyepakati kerja sama dengan Kelurahan Caringin di bidang pendidikan, penelitian, dan kesejahteraan masyarakat. (PNY)

 

Kembali...

Penandatanganan MOU Pengabdian pada Masyarakat LPPM BSI Group dengan Lurah Kelurahan Kwitang

Senin, 2016-02-22

Program Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat telah dilaksanakan di kampus STMIK Nusa Mandiri Jl. Kramat Raya No. 18 Senen Jakarta Pusat. Masyarakat yang menjadi sasaran pengabdian ada di Kelurahan Kwitang yang merupakan wilayah dimana Kampus STMIK Nusa Mandiri berada. Sebagai Kampus yang berada di wilayah Kwitang, para dosen bertekad untuk mengaplikasikan ilmi yang dimiliki agar sumber daya manusia di lingkungan sekitar dapat meningkat.

Model pengabdian pada masyarakat yaitu melalui pelatihan. Materi yang disampaikan oleh dosen adalah pengenalan komputer yang terdiri dari hardware dan software komputer dan mengetik surat lamaran pekerjaan. Materi akan diberikan sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang pendidikan peserta pelatihan. Materi ini dipilih karena warga masyarakat sebagai peserta pelatihan memiliki pendidikan antara SD dan SMP. Para tutor berprinsip bahwa akan merubah setiap peserta pelatihan dari yang belum mengenal komputer sampai bisa mengetik surat lamaran pekerjaan.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 42 orang masyarakat yang bekerja sebagai PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Kwitang dan 5 orang pegawai Kelurahan. Peserta terbagi dua sesi yaitu sesi pagi dan Sore dengan alasan agar tidak mengganggu pekerjaan rutin mereka. Panitia Pengabdian pada masyarakat terdiri dari penasehat, penanggung jawab kegiatan, ketua pelaksana, koordinator tutor dan tutor yang terdiri dari: Staf Akademik, Dosen PNS DPK, Dosen Luar biasa, dan Instruktur Laboratorium Komputer.

   Pelaksanaan pengabdian sudah dimulai dari awal bulan Februari 2016. Pada hari Senin tanggal 15 Februari 2016 bertempat di Laboratorium Komputer Kampus STMIK Nusa Mandiri Jakarta Jl. Kramat Raya No.18 Jakarta Pusat jam 9.30 WIB dilaksanakan penandatanganan MOU antara Lurah Kelurahan Kwitang dengan Ketua LPPM Nusa Mandiri dan BSI group. Acara dimulai tepat jam 08:30 WIB dan selesai 10.00 WIB dibuka oleh Ketua LPPM Nusa Mandiri Ibu Dr. Erna Kusumawati, M.Pd kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Bapak Lurah Kelurahan Kwitang Bapak Hamdani, S.AP, M.Si yang menyambut positif acara yang berlangsung dan mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Kwitang. Acara penandatanganan MOU juga dihadiri oleh Bapak Heru Purwanto, M.Kom sebagai perwakilan dari BSI group.

Semoga dengan diadakan MOU ini dapat meningkatkan kerjasama dan menjadi sarana bagi dosen untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan berfikir kreatif bagi peserta pelatihan sehingga materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk pembelajaran juga implementasi di kehidupan sehari-hari. Terima kasih kepada panitia yang telah membantu terlaksana kegiatan ini dan semua kepada dosen pengajar serta didukung oleh LPPM Nusa Mandiri, Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.  [LPPM BSI].

Kembali...

Seminar Nasional Riset Teknologi Informasi 2016

Senin, 2016-02-22

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, maka kita menuju babak berikutnya, di mana bukan hanya smartphone atau komputer saja yang terkoneksi dengan internet, tetapi berbagai macam benda nyata seperti: peralatan elektronik, mobil, rumah, dan peralatan yang dikenakan akan terkoneksi dengan internet. Semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global menggunakan sensor yang tertanam. Di dunia IT, konsep ini telah dikenal dengan istilah "Internet of Things - IoT". 

 

Info selengkapnya klik di sini

Kembali...

PENERIMA HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI BSI GRUP TAHUN 2016

Senin, 2016-02-22

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PENERIMA HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2016

 

DAFTAR NAMA PEMENANG PENELITIAN TAHUN 2016

NO

Nama

PT

NIDN

Nama

Judul

Skim

Status

1

AMIK BSI Jakarta

0303028501

ANIK ANDRIANI

PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK DETEKSI GANGGUAN JARINGAN LAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Penelitian Dosen Pemula

Baru

2

AMIK BSI Jakarta

0304108102

ANDI SARYOKO

ANALISA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

3

AMIK BSI Jakarta

0311118502

ASTI HERLIANA

OPTIMALISASI KLASIFIKASI SEL TUNGGAL PAP SMEAR BERDASARKAN ANALISIS FITUR MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS
PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

Penelitian Dosen Pemula

Baru

4

AMIK BSI Jakarta

0307058402

SUNARTI

PROTOTYPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK INOVASI UKM KOTA DEPOK DENGAN
METODE MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

5

AMIK BSI Jakarta

0319117402

INDRIA WIDYASTUTI

ANALISIS PERAN BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA
USAHA MIKRO KECIL (UMK)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

6

AMIK BSI Jakarta

0311067002

AKMALUDIN

PENERAPAN METODE MULTYCRITERIA DECISION MAKING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN
PRODUK BERBASIS TEKNOLOGI

Penelitian Dosen Pemula

Baru

7

AMIK BSI Jakarta

0315028202

RANI KURNIASARI

EVALUASI PERFORMANCE MANAGEMENT DAN DESAIN WIN-WIN SOLUTION DALAM UPAYA PENINGKATAN SERVICE QUALITY DAN CUSTOMER SATISFACTION PADA TRANSPORTASI PUBLIK

Penelitian Dosen Pemula

Baru

8

AMIK BSI Jakarta

0306108102

ARTIKA SURNIANDARI

PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA

Penelitian Dosen Pemula

Baru

9

AMIK BSI Jakarta

0331107101

SANTOSO SETIAWAN

PEMANFAATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL

Penelitian Dosen Pemula

Baru

10

AMIK BSI Jakarta

0305077402

FRIEYADIE

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TEMPAT PEMAKAMAN UMUM (TPU)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

11

AMIK BSI Jakarta

0316097204

BAGINDA OLOAN LUBIS

APLIKASI ANDROID UNTUK MENENTUKAN JARAK TERPENDEK ANTAR TERMINAL DI JAKARTA

Penelitian Dosen Pemula

Baru

12

AMIK BSI Bandung

0329088101

DONI PURNAMA ALAM

EFEK MODERASI CITRA RITEL SWALAYAN TERHADAP HUBUNGAN KUALITAS DAN RISIKO PRODUK ORGANIK PADA PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

13

AMIK BSI Bandung

0426088101

ANI SOLIHAT

PENGEMBANGAN PROMOSI WISATA MUSEUM KOTA BANDUNG MELALUI MEDIA BILLBOARD DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

14

AMIK BSI Bogor

0321018102

SANDRA JAMU KURYANTI

Penentuan Bonus Pada Karyawan Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus: PT.Asahimas Flat Glass,Tbk Jakarta)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

15

AMIK BSI Bogor

0319038101

SUSAN RACHMAWATI

Pengelolaan Pajak PPH 21 dengan Metode Gross Up dalam Upaya Peningkatan Profitabilitas UKM

Penelitian Dosen Pemula

Baru

16

AMIK BSI Tangerang

0404048302

ENDANG RETNO NINGSIH

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI BEASISWA PRESTASI BERBASIS ANDROID KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM

Penelitian Dosen Pemula

Baru

17

Universitas BSI

0412096402

ACEP ROHENDI

KAJIAN HUKUM ATAS INVESTASI ASING PADA BIDANG PERBANKAN NASIONAL DIKAITKAN DENGAN LIBERALISASI EKONOMI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN INDONESIA

Penelitian Disertasi Doktor

Baru

 

DAFTAR PEMENANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2016

No

Nama PT

NIDN

Nama

Judul

Skim

Status

1

Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta

0516107102

R.JATI NURCAHYO

PEMBUATAN BATIK TULIS DENGAN PEWARNA ALAM UNTUK BUSANA BAGI ANGGOTA PKK DAN KARANGTARUNA, SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

IbM

BARU

Kembali...

PENERIMA HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI BSI GRUP TAHUN 2016

Senin, 2016-02-22

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI

DIREKTORAT JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN

DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PENERIMA HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2016

 

DAFTAR NAMA PEMENANG PENELITIAN TAHUN 2016

NO

Nama

PT

NIDN

Nama

Judul

Skim

Status

1

AMIK BSI Jakarta

0303028501

ANIK ANDRIANI

PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK DETEKSI GANGGUAN JARINGAN LAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Penelitian Dosen Pemula

Baru

2

AMIK BSI Jakarta

0304108102

ANDI SARYOKO

ANALISA TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE BPJS KESEHATAN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

3

AMIK BSI Jakarta

0311118502

ASTI HERLIANA

OPTIMALISASI KLASIFIKASI SEL TUNGGAL PAP SMEAR BERDASARKAN ANALISIS FITUR MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS
PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

Penelitian Dosen Pemula

Baru

4

AMIK BSI Jakarta

0307058402

SUNARTI

PROTOTYPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK INOVASI UKM KOTA DEPOK DENGAN
METODE MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

5

AMIK BSI Jakarta

0319117402

INDRIA WIDYASTUTI

ANALISIS PERAN BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA
USAHA MIKRO KECIL (UMK)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

6

AMIK BSI Jakarta

0311067002

AKMALUDIN

PENERAPAN METODE MULTYCRITERIA DECISION MAKING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN
PRODUK BERBASIS TEKNOLOGI

Penelitian Dosen Pemula

Baru

7

AMIK BSI Jakarta

0315028202

RANI KURNIASARI

EVALUASI PERFORMANCE MANAGEMENT DAN DESAIN WIN-WIN SOLUTION DALAM UPAYA PENINGKATAN SERVICE QUALITY DAN CUSTOMER SATISFACTION PADA TRANSPORTASI PUBLIK

Penelitian Dosen Pemula

Baru

8

AMIK BSI Jakarta

0306108102

ARTIKA SURNIANDARI

PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA

Penelitian Dosen Pemula

Baru

9

AMIK BSI Jakarta

0331107101

SANTOSO SETIAWAN

PEMANFAATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL

Penelitian Dosen Pemula

Baru

10

AMIK BSI Jakarta

0305077402

FRIEYADIE

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TEMPAT PEMAKAMAN UMUM (TPU)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

11

AMIK BSI Jakarta

0316097204

BAGINDA OLOAN LUBIS

APLIKASI ANDROID UNTUK MENENTUKAN JARAK TERPENDEK ANTAR TERMINAL DI JAKARTA

Penelitian Dosen Pemula

Baru

12

AMIK BSI Bandung

0329088101

DONI PURNAMA ALAM

EFEK MODERASI CITRA RITEL SWALAYAN TERHADAP HUBUNGAN KUALITAS DAN RISIKO PRODUK ORGANIK PADA PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

13

AMIK BSI Bandung

0426088101

ANI SOLIHAT

PENGEMBANGAN PROMOSI WISATA MUSEUM KOTA BANDUNG MELALUI MEDIA BILLBOARD DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN

Penelitian Dosen Pemula

Baru

14

AMIK BSI Bogor

0321018102

SANDRA JAMU KURYANTI

Penentuan Bonus Pada Karyawan Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus: PT.Asahimas Flat Glass,Tbk Jakarta)

Penelitian Dosen Pemula

Baru

15

AMIK BSI Bogor

0319038101

SUSAN RACHMAWATI

Pengelolaan Pajak PPH 21 dengan Metode Gross Up dalam Upaya Peningkatan Profitabilitas UKM

Penelitian Dosen Pemula

Baru

16

AMIK BSI Tangerang

0404048302

ENDANG RETNO NINGSIH

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI BEASISWA PRESTASI BERBASIS ANDROID KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM

Penelitian Dosen Pemula

Baru

17

Universitas BSI

0412096402

ACEP ROHENDI

KAJIAN HUKUM ATAS INVESTASI ASING PADA BIDANG PERBANKAN NASIONAL DIKAITKAN DENGAN LIBERALISASI EKONOMI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN INDONESIA

Penelitian Disertasi Doktor

Baru

 

DAFTAR PEMENANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2016

No

Nama PT

NIDN

Nama

Judul

Skim

Status

1

Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta

0516107102

R.JATI NURCAHYO

PEMBUATAN BATIK TULIS DENGAN PEWARNA ALAM UNTUK BUSANA BAGI ANGGOTA PKK DAN KARANGTARUNA, SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

IbM

BARU

 

 

 

Kembali...

Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016

Selasa, 2016-02-23

Kepada Yth,

Dosen SA/LB/Instruktur BSI

di 

          Tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka menindaklanjuti hasil-hasil penelitian di lingkungan perguruan tinggi, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam tahun 2016 akan memberikan kesempatan bagi para dosen/peneliti untuk mengikuti Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016.

Naskah buku yang terpilih dalam proses seleksi, akan diberikan pendampingan pakar untuk penyempurnaan naskah buku teks. Penulis yang lolos seleksi akan dipertemukan dalam sebuah lokakarya pendampingan penulisan buku ajar untuk konsultasi penyempurnaan naskah. Setelah naskah buku dinyatakan memenuhi norma-norma akademik oleh pendamping, penulis akan diberikan hibah dana dari DIKTI.

Usulan harus sudah diterima selambat-lambatnya tanggal 04 April 2016, Pukul 17.00 WIB, ditujukan kepada: Ketua LPPM BSI Grup di Jakarta, via email lppm@bsi.ac.id, cc: heri.hrk@bsi.ac.id, nurvi.nvk@bsi.ac.id, titik.tmi@bsi.ac.id.

Atas perhatian dan kerjasama Saudara diucapkan terima kasih.

 

NB: Silahkan unduh Panduan Pengajuan Usulan Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2016, klik di sini

 

 

Hormat kami,

Ketua LPPM BSI Grup

 

Heri Kuswara, M. Kom

 

Kembali...

Program Bantuan Seminar Luar Negeri bagi Dosen/Peneliti di Perguruan Tinggi

Jumat, 2016-02-26

Kepada Yth,

Dosen/Peneliti di Lingkungan BSI

 

Dengan hormat,

Salah satu program/kegiatan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Tahun Anggaran 2016 adalah Bantuan Seminar Luar Negeri yang memberikan kesempatan bagi dosen/peneliti dari perguruan tinggi yang memiliki NIDN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mengikuti seminar internasional yang diadakan di luar negeri.
Perlu kami sampaikan bahwa sesuai ketentuan pada Panduan Pengusulan Bantuan Seminar Luar Negeri bagi Dosen/Peneliti perguruan tinggi tahun 2016, penyampaian usulan proposal Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual (Dit.Pengelolaan KI) dilakukan secara online melalui SIMLITABMAS
dengan alamat http://simlitabmas.dikti.go.id/bsln. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon Saudara berkenan menginformasikan program dimaksud kepada dosen/peneliti di lingkungan perguruan tinggi Saudara dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Untuk pendaftaran, pengusul yang telah memiliki username dan password untuk bisa langsung mendaftarkan usulannya melalui SIM-LITABMAS dan pengusul yang belum memiliki username dan password dimohon mengirimkan alamat e-mail yang masih aktif melalui bsln@dikti.go.id dengan subjek "Permohonan Username dan Password" dan isi email terdiri dari NIDN, nama lengkap, kode dan nama perguruan tinggi serta melampirkan surat pengantar dari pimpinan Perguruan Tinggi. Selanjutnya Dit.Pengelolaan KI akan mengirimkan user dan password pengusul ke alamat e-mail tersebut.
  2. Persyaratan pengusulan dapat dilihat di Panduan Pengusulan Bantuan Seminar Luar Negeri bagi Dosen/Peneliti di Perguruan Tinggi tahun 2016 dan Panduan pengoperasian SIMLITABMAS untuk pengusul dapat diunduh di http://simlitabmas.dikti.go.id/bsln.
  3. Pendaftaran pengusul sudah dapat dilaksanakan sejak diterbitkannya surat ini s.d. 30 September 2016, untuk pelaksanaan seminar s.d. akhir November 2016.
  4. Program bantuan seminar luar negeri akan ditutup sebelum batas waktu berakhir jika kuota anggaran/bantuan sudah terpenuhi.
  5. Informasi calon peserta yang akan menerima bantuan setelah dilakukan seleksi, dapat dilihat melalui SIM-LITABMAS dengan alamat seperti di atas.

Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

 

NB: Silahkan unduh PANDUAN PENGUSULAN PROPOSAL PROGRAM BANTUAN SEMINAR LUAR NEGERI BAGI DOSEN/PENELITI DI PERGURUAN TINGGI TAHUN 2016, klik di sini

 

Hormat kami,

Ketua LPPM

 

 

(Heri Kuswara, M. Kom)

Kembali...

INTERNATIONAL SEMINAR: THE STRATEGY IN BUILDING THE COMPETITIVENESS IN THE ASEAN ECONOMIC COMMUNITY ERA

Jumat, 2016-02-26

ASEAN countries announce the establishment of ASEAN Community which has three pillars;they are ASEAN Security Community (ASC), ASEAN Economic Community (AEC), and ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC).These pillars become a new paradigm that will trigger the ASEAN cooperation to an improved community and new identities.

The ASEAN Economic Community (AEC) 2015 focuses on the establishment of integrated economic areas that diminish the cost of transaction, improve trade and business facilities, as well as to increase the competitiveness of micro business sectors. The AEC 2015 aims to create a single market thatstable, prosperity, and high competitive of production based. In economic sector, AEC is integrated within an effective regulation for trading and infestation that has free flow of goods traffic, services, infestation, and capital. It also meant to facilitatefree movement enterpreuners and labors. The implementation of AEC 2015 will be focused on 12 priority sectors that consist of 7 goods sectors (agriculture, electronic, automotive, fishery, rubber industry, wood industry, and textile) and five service sectors (air transportation, health care, tourism, logistic, and technology information industry or e-ASEAN).

 

Download famplet... klick here

 

Read more... klick here

Kembali...
top